Tuesday, August 19, 2008

Doa Pagi - 19/08/08

Lagu: KJ 454 (Indahnya Saat yang Teduh) dan KJ 322 (Terang Matahari)
note to self: beli buku KJ edisi saku!!

Bacaan: Hakim-hakim 18:14-21

Terus terang, saya agak bingung dengan bacaan ini karena rasanya betul-betul tidak nyambung. Saya bertanya-tanya apakah ini karena saya mengantuk atau memang begitu adanya? Anehnya di sekeliling saya sepertinya para mahasiswa yang lain menerima bacaan itu begitu saja. Ugh. Bingung. Setelah kebingungan beberapa saat lamanya, saya bertanya pada Tuhan apa yang seharusnya saya pelajari dari bacaan ini (kekanakan sekali, memutar otak sampai menyerah dulu sebelum menoleh pada Tuhan untuk minta jawaban. Bukankah jauh lebih baik jika kita langsung bertanya pada Tuhan? Hemat energi).

Jawaban yang saya dapatkan adalah bagaimana mudahnya manusia berpaling dari sesuatu hal baik yang ia miliki ketika dihadapkan pada pilihan yang sepertinya lebih menjanjikan, seperti imam dalam bacaan tersebut. Meskipun tidak mengetahui secara pasti apa yang dilakukan oleh orang-orang tersebut (ref. ayat 18), ketika mendengar tawaran untuk menjadi imam bagi suatu suku bangsa (ayat 19), dengan segera ia menjadi gembira dan bergabung dengan orang-orang itu tanpa bertanya-tanya lagi (ayat 20).

No comments: