Tuesday, August 19, 2008

Kelas Pertama... Yunani 1

Diluar dugaan saya, dosen yang namanya Yani Rengkung ternyata Pria. Hehehe... Orangnya masih muda, paling maksimal 30 tahun, dan jayusnya luar biasa. Seru sih, tapi awalnya saya sempat khawatir apakah kami benar-benar akan belajar. Gimana tidak, kurang lebih 45 menit dihabiskan untuk mengabsen saja. Lalu 20 menit kemudian membahas peraturan, lalu barulah kami mulai belajar.

Bahasa Yunani yang akan kami pelajari adalah Yunani Koinee, atau bahasa Yunani Umum, yaitu bahasa yang dipakai oleh penulis-penulis Alkitab khususnya Perjanjian Baru. Selain itu, ada 2 jenis bahasa Yunani lainnya, yaitu Yunani Klasik yang digunakan oleh para Filsuf dan Yunani Modern yang digunakan di jaman sekarang.

Sesuai silabus meskipun tidak tepat, hari ini kami belajar menulis abjad2 Yunani. Saya katakan tidak tepat karena di silabus juga mencakup pengucapan, tapi tentu saja waktunya tidak cukup.

Bagi yang penasaran seperti apa abjad Yunani itu, saya telah mengooglenya, seperti ini:


Tugas untuk minggu depan, menuliskan abjad tersebut berulang-ulang kali pada selembar kertas Folio bergaris. Hihihi. Jadi ingat hukuman jaman SD. Tapi benar apa yang dikatakan pak Yani, ini latihan yang pasti membuat hapal. Lah, baru menulis 4 kali saja saya sudah hapal sebagian besar. Sampai kertas itu penuh, pasti sudah tidak perlu melihat lagi :)

No comments: